1. Jelaskan bagaimana proses interaksi user dengan perangkat
telekomunikasi sehingga dapat dimengerti oleh user dalam mengakses berbagai
layanan telematika!
Interaksi adalah suatu jenis
tindakan yang terjadi ketika dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki
efek satu sama lain. Ide efek dua arah ini penting dalam konsep interaksi,
sebagai lawan dari hubungan satu arah pada sebab akibat.
Jadi untuk Proses Interaksi user dengan perangkat
Telekomunikasi , Misal komputer
Terhubung Melalui sebuah interface
Aplikasi yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dan mudah digunakan oleh
User. dan interaksipun terjadi, dimana user menginput data-data,
command-command, yang kemudian diterima oleh komputer.
Dengan begitu maka, akses untuk
layanan telematika dapat dengan mudah di lakukan, terlebih lagi dengan tampilan
interface yang user friendly.
2. Jelaskan mengenai fungsi dasar hukum yang ada apabila
terjadi penyalahgunaan fasilitas layanan telematika!
Fungsi dasar hukum dalam bidang
layanan telematika adalah sebagai rambu-rambu hukum mengatur tentang Transaksi
dan Informasi Elektronik (UU No. 11 Tahun 2008 yang disebut sebagai UU ITE).
Hal yang mendasar dari UU ITE ini sesungguhnya merupakan upaya
mengakselerasikan manfaat dan fungsi hukum (peraturan) dalam kerangka kepastian
hukum.
Dengan UU ITE diharapkan seluruh
persoalan terkini berkaitan dengan aktitivitas di dunia maya dapat diselesaikan
dalam hal terjadi persengketaan dan pelanggaran yang menimbulkan kerugian dan
bahkan korban atas aktivitas di dunia maya. Oleh karena itu UU ITE ini
merupakan bentuk perlindungan kepada seluruh masyarakat dalam rangka menjamin
kepastian hukum, dimana sebelumnya hal ini menjadi kerisauan semua pihak,
khususnya berkenaan dengan munculnya berbagai kegiatan berbasis elektronik
3. Apa yang
menyebabkan terjadinya penyalahgunaan fasilitas layanan telematika? Berikan
contoh kasus yang berkaitan dengan penyalahgunaan layanan telematika!
Penyebab penyalahgunaan fasilitas
layanan telematika adalah semakin mudahnya untuk mengakses internet dan
kurangnya pengawasan dari pemerintah menyebabkan makin maraknya penyalahgunaan
dari fasilitas telematika. Adanya ajakan dari lingkungan sekitar, teman, atau
maupun sebuah komunitas. Adanya kesempatan untuk melakukan penyalahangunaan
layanan telematika.
Contoh :
Kasus bocornya informasi kartu
kredit dan kartu debit pelanggan perusahaan retial AS The Home Depot pada
september 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar