Minggu, 30 Juni 2013

MANUSIA DAN CINTA KASIH

cinta adalah kasih sayang yang dimiliki oleh manusia. Cinta juga merupakan perasaan belas kasih, cinta berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun terhadap orang yang disayang. Sedangkan Cinta kasih adalah penuh pengorbanan, penuh pengampunan, penuh penghargaan dan penuh pengabdian pada sesamanya. Manusia sangat membutuhkah sifat itu karna manusia termasuk makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia sangan membutuhkan cinta kasih keluarga, cinta kasih terhadap tuhannya, cinta kasih orang terdekat mereka dan sebagainya.
Perbedaan antara cinta dengan nafsu adalah sebagai berikut:
1.       Cinta bersifat manusiawi
2.       Cinta bersifat rokhaniah sedangkan nafsu bersifat jasmaniah.
3.       Cinta menunjukkan perilaku memberi, sedangkan nafsu cenderung menuntut.
Menurut Dr. Salito W. Sarwono dalam artikel yang berjudul Segitiga Cinta , bukan cinta segitiga dikatakan bahwa cinta yang ideal memiliki 3 unsur, yaitu:
1.       Keterikatan, adalah perasaan untuk hanya bersama orang yang dicintai, segala prioritas hanya untuk dia.
2.       Keintiman, yaitu adanya kebiasaan – kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa tidak ada jarak lagi, sehingga panggilan formal diganti dengan sekedar nama panggilan.

3.       Kemesraan, yaitu rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen apabila jauh atau lama tak bertemu, ucapan – ucapan yang menyatakan sayang, saling menium, merangkul dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar